Apa itu Tawaf

Tanggal : 16 Jan 2023   Oleh : Admin Khazzanah

Panduan Langkah demi langkah UmrohTawaf (Arab: طواف) adalah salah satu ritus utama ziarah dan mengacu pada mengelilingi atau berjalan mengelilingi Ka'bah dengan gerakan berlawanan arah jarum jam. Tujuh putaran lengkap, dengan masing-masing dimulai dan diakhiri di Hajar al-Aswad , merupakan satu Tawaf.

Arti Tawaf

Secara linguistik, kata tersebut berasal dari kata kerja bahasa Arab Taafa (Arab: طاف) yang berarti “berkeliling” atau “mengelilingi sesuatu”. Arti teknisnya adalah melakukan tujuh putaran berlawanan arah jarum jam dari Ka'bah. Satu rangkaian lengkap Ka'bah dikenal sebagai Shawt (Arab: شوط).

Keutamaan Tawaf

Abdullah bin Umar Sayamenceritakan:

Nabi bersabda: '120 rahmat turun setiap hari ke Rumah Allah, 60 di antaranya untuk mereka yang melakukan Tawaf, 40 untuk mereka yang melakukan Sholat, dan 20 untuk mereka yang menatap Rumah Allah.

Baca Juga : Rindu Panduan Langkah demi Langkah untuk Melakukan Umrah

Dia juga melaporkan:

Aku mendengar Rasulullah bersabda: 'Barangsiapa mengelilingi Ka'bah tujuh kali (Tawaf) dan shalat dua rakaat, maka baginya pahala seolah-olah dia telah membebaskan seorang budak. Tidaklah seseorang mengangkat kakinya dan menurunkannya kembali kecuali ditulis baginya sepuluh kebaikan, dihapuskan sepuluh keburukannya, dan diangkat sepuluh derajatnya.

Dia lebih lanjut menceritakan:

Siapa pun yang melakukan 50 Tawaf Ka'bah (yaitu lima puluh kali tujuh putaran), akan terbebas dari semua dosanya, sama seperti hari ibunya melahirkannya. 

Tawaf Mengitari Ka'bah


Video Source : Hajj and Umrah Youtube Chanel Video Link : https://www.youtube.com/embed/L-YyR1oN66w

Signifikansi Tawaf

Tawaf adalah tindakan pengabdian yang dimaksudkan untuk mendekatkan peziarah secara spiritual kepada Tuhan. Ini adalah satu-satunya ritus utama Haji dan Umrah yang tidak terkait langsung dengan ibadah yang dilakukan oleh Nabi IbrahimSdahulu kala. Ada beberapa interpretasi yang mencoba untuk menetapkan makna Tawaf:


Al-Bayt al-Ma'mur

Salah satu interpretasi tersebut adalah bahwa ketika peziarah melakukan Tawaf di sekitar Ka'bah, mereka melakukannya bersama-sama dengan para malaikat yang mengelilingi al-Bayt al-Ma'mur (Rumah Yang Dikunjungi) di alam surga. Allah berfirman:

Dan Al-Tur - tertulis tertulis - di atas perkamen yang diterbitkan - dan Al-Bayt Al-Ma`mur

Oleh gunung. Dan [oleh] sebuah Kitab yang tertulis. Di perkamen terbentang terbuka. Dan Rumah yang sering dikunjungi.

[Surah at-Tur, 52:1-4]

Ibnu KatsirVmenulis tentang al-Bayt al-Ma'mur berikut ini dalam Tafsirnya:

Dalam kedua Sahih tersebut ditegaskan bahwa Rasulullah : bersabda dalam Hadits tentang al-Isra, setelah naik ke langit ketujuh: 'Kemudian, saya dibawa ke al-Bayt al-Ma'mur. Itu dikunjungi setiap hari oleh tujuh puluh ribu malaikat yang tidak akan kembali mengunjunginya lagi.' Para malaikat menyembah Allah di Al-Bayt Al-Ma'mur dan melakukan Tawaf mengelilinginya sebagaimana penduduk bumi melakukan Tawaf mengelilingi Ka'bah. Al-Bayt al-Ma'mur adalah Ka'bah mereka yang tinggal di langit ketujuh. Selama perjalanan Isra, Nabi ﷺ melihat IbrahimS, yang sedang berbaring dengan punggung di al-Bayt al-Ma'mur. Ibrahimlah yang membangun Ka’bah di bumi, dan tentunya pahalanya sepadan dengan amalnya. Al-Bayt al-Ma'mur sejajar dengan Ka'bah; setiap surga memiliki rumah ibadahnya masing-masing, yang juga menjadi arah sholat bagi penghuninya. Rumah yang terletak di langit bawah, disebut Bayt al-Izzah. Dan Allah tahu yang terbaik.


Secara kosmologis, Ka'bah dianggap sebagai cerminan al-Bayt al-Ma'mur di langit ketujuh dan Tawaf para peziarah mencerminkan malaikat.


Alam Semesta Bergerak

Interpretasi lain mengaitkan tindakan Tawaf dengan gerakan mengorbit benda-benda langit. Allah berfirman:

Dan Dialah Yang menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan, masing-masing dalam orbitnya berenang

Dan Dialah Yang menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan, masing-masing dalam orbitnya mengambang.

[Surah al-Ambiya, 21:33]


Ayat ini membuktikan fakta ilmiah bahwa matahari dan bulan berada dalam orbit; kita tahu bahwa bulan berputar mengelilingi bumi setiap bulan dan bumi berputar mengelilingi matahari setiap tahun. Namun, gerakan melingkar ini tidak hanya terbatas pada sistem planet, tetapi mencakup seluruh alam semesta, dari atom terkecil hingga galaksi terbesar.

Ilmu pengetahuan modern menunjukkan bahwa elektron dalam atom mengorbit inti, yang dikenal sebagai nukleus, dalam gerakan berlawanan arah jarum jam. Beberapa atom ini sangat kecil sehingga tidak terlihat oleh mikroskop. Demikian pula, tata surya kita mengorbit galaksi dan galaksi-galaksi ini memiliki orbitnya sendiri di sekitar sumbu pusat. Karena segala sesuatu terdiri dari atom-atom yang berada dalam gerakan orbit konstan, kita sampai pada kesadaran bahwa berputar di sekitar titik pusat, atau Tawaf, adalah hukum kosmik. Semua sistem ini tunduk pada kehendak Allah yang telah menciptakan dan mengaturnya.

Dengan cara yang sama, ketika Tawaf dilakukan, peziarah berpartisipasi dalam ritual kosmik ini seperti yang dilakukan atom dan galaksi dalam kepatuhan mereka pada kehendak Allah.

Ka'bah melambangkan pusat spiritual dunia, sumbu spiritual di mana kompas orang beriman berputar, dan berputar setiap hari. Allah menyebut Ka'bah sebagai Rumah Suci dalam ayat berikut, menunjukkan statusnya sebagai simbol perjumpaan manusia dengan yang ilahi:

Allah telah menjadikan rumah haram sebagai kebangkitan bagi manusia dan bulan haram, petunjuk dan hati dari itu

Allah telah membuat Ka'bah, Rumah Suci, berdiri untuk orang-orang dan [telah menguduskan] bulan-bulan suci dan hewan kurban dan karangan bunga [yang dengannya mereka diidentifikasi]. Yang demikian itu agar kamu mengetahui bahwa Allah mengetahui apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi dan bahwa Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

[Surah al-Ma'idah, 5:97]


Keliling Ka'bah adalah ibadah yang dilakukan terus menerus, 24 jam sehari sepanjang tahun. Itu tidak berhenti, kecuali beberapa menit selama shalat lima waktu yang ditentukan. Tindakan Tawaf ini menegaskan penyembahan kepada satu Tuhan; sama seperti setiap orbit memiliki satu pusat, hanya ada satu Tuhan yang layak disembah.
Lihat Paket Umroh dan Haji : Paket Umroh 2023 Khazzanah Tours


Bagikan